Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Jenis-Jenis Terong Sayur Beserta Harganya Saat Ini

Terong merupakan jenis sayuran yang kaya akan kandungan gizi. Di dalam sayuran ini terdapat kandungan Vitamin C, Serat, Kalium, Antosianin, Mangan, Folat, Vitamin K, Magnesium dan banyak lagi lainnya. Namun, ada beberapa jenis terong yang beredar di pasaran dengan khasiat yang berbeda-beda. 

Terong

Beberapa Jenis Terong Sayur dan Harganya Hari Ini

Harga terong di pasaran dapat berubah-ubah. Namun, umumnya tidak jauh dari harga sebelumnya. Masing-masing jenis terong juga dibanderol dengan harga berbeda. Namun, secara umum harga sayur terong sangat terjangkau. Inilah macam-macam terong beserta harganya saat ini:

  • Terong Hijau

Salah satu jenis terong yang paling banyak dijumpai di Indonesia adalah terong hijau. Sebenarnya, dari segi bentuk, terong hijau mirip dengan terong ungu. Secara bentuk dan tekstur memang bisa dibilang mirip.

Namun, sebenarnya kedua jenis terong tersebut berbeda. Terong hijau memiliki cita rasa yang agak pahit. Terong hijau bisa diolah menjadi beberapa masakan seperti sayur lodeh, pecel terong hingga terong balado.

Terong hijau memiliki beberapa khasiat seperti mengatasi hipertensi, cegah anemia, tingkatkan metabolisme hingga menjaga pencernaan. Harga terong hijau di pasaran sekitar 8 ribuan untuk 250 gram.

  • Terong Bulat

Terong bulat juga dikenal sebagai terong lalap. Terong bulat adalah terong bulet khas Sunda. Seperti namanya, ciri utama dari terong ini adalah berbentuk bulat sempurna. Dari segi warna, terong bulat bisa dibilang mirip dengan mentimun, hijau keputihan.

Tekstur terong bulat ini cenderung renyah. Disebut terong lalap karena bisa dibuat lalapan tanpa dimasak terlebih dahulu. Cita rasanya pun tidak pahit seperti yang dibayangkan. Terong lalap cenderung manis dan renyah.

Selain cocok untuk lalapan, terong jenis ini juga bisa ditumis. Manfaatnya tak kalah kaya, salah satunya mengurangi zat besi berlebih dalam tubuh. Untuk harganya cukup murah, hanya 4 ribuan rupiah per 250 gram.

  • Terong Ungu

Jenis terong yang tidak kalah populer di Indonesia adalah terong ungu. Dinamakan terong ungu karena warna kulitnya ungu. Terong jenis ini dapat ditemukan dengan mudah di pasar, swalayan, toko dan toko online.

Bentuk terong ungu cenderung panjang dan lonjong. Warna bagian dalamnya agak gading. Di dalam terong jenis ini juga terdapat biji-bijian memutar. Namun, ketika dimasak, terong ini akan menggelap.

Terong ungu dapat diolah menjadi terong crispy, sambal terong, lodeh terong hingga terong balado. Untuk khasiatnya hampir mirip dengan jenis terong lain. Seperti meningkatkan kesehatan pencernaan, mencegah anemia hingga meningkatkan gairah seks. Untuk harga terong jenis ini sekitar 6 ribu rupiah per 250 gram.

Tips Memilih Terong yang Segar

Saat membeli terong, pastikan memilih yang masih fresh dan baru memetik. Kemudian, masukkan ke dalam lemari es. Hindari menyimpan terlalu lama agar tidak kusut atau layu. Masukkan ke dalam plastik tertutup saat akan dimasukkan ke dalam kulkas.

Pastikan memasak terong langsung setelah diiris. Hal ini bertujuan agar warna terong tidak berubah. Masak dalam jumlah yang wajar sesuai porsi yang dibutuhkan. Tujuannya agar bisa langsung habis dan tidak sisa.

Itulah beberapa jenis terong beserta harganya yang beredar di pasaran saat ini. Namun, harga di atas bisa naik turun sesuai dengan ketentuan yang ada. Pastikan Anda membeli terong yang premium agar gizi dan nutrisinya sempurna. Hindari terong yang berlalat dan tidak tumbuh sempurna.

 

 

 

Posting Komentar untuk "Inilah Jenis-Jenis Terong Sayur Beserta Harganya Saat Ini"